Senin, 07 April 2014

8 Tips Diet Sehat dengan Hasil yang Optimal

Diet adalah salah satu cara untuk mencapai tubuh yang ideal dan sehat, namun seringkali saat hendak melakukan diet, banyak orang yang tidak dapat mencapai hasil optimal atau bahkan gagal sama sekali. Sebenarnya, apa yang membuat banyak orang gagal dalam melaksanakan program dietnya?

Berikut, penulis akan memberikan tips ala Ryu Kiseki dalam melakukan diet sehat dengan hasil yang optimal.

tujuan

1. Tentukan tujuan.
Banyak orang yang gagal diet karena tujuan mereka seringkali terlalu ekstrim atau berharap untuk memperoleh hasil yang cepat dan memberi standar tinggi terhadap penurunan berat badan mereka, alhasil, mereka gagal karena merasa usaha mereka sia-sia.

Hindari diet ekstrim, karena semakin ekstrim diet kamu, semakin besar pula efek yoyo yang akan timbul.

Ada baiknya, tujuan disesuaikan dengan kemampuan ekonomi, kesiapan bathin dalam menjalani diet, dan keadaan fisik. Hindari membandingkan diri sendiri dengan orang lain, karena akan menimbulkan beban pikiran dan membuat kita depresi dan besar kemungkinan gagal di tengah jalan.

Saat kamu hendak diet, lakukan untuk diri kamu sendiri, bukan untuk siapa pun !!!

Banyak aspek yang berpengaruh terhadap berat tubuh, jadi ada baiknya, kita memahami berbagai aspek yang mempengaruhi diri kita sendiri. 

strategi

2. Tentukan strategi dan program yang sesuai.
Setelah kita menentukan tujuan dan memahami hal-hal yang mempengaruhi naiknya berat tubuh, langkah berikutnya adalah menentukan strategi dan program.

Contoh, kamu tahu bahwa kamu adalah penggemar makanan manis, terutama coklat. Kemudian, kamu juga punya kebiasaan ngemil di malam hari sebelum tidur.

Maka, kamu harus mengubah pola dan kebiasaan kamu makan manis dan ngemil di malam hari. Tapi, saya yakin hal tersebut akan sangat sulit untuk dilakukan.

Kamu bisa ganti cemilan malam kamu menjadi pisang, apel, atau coklat hitam. Jika memang tidak dapat dijalankan secara langsung, jalankan secara bertahap dengan mengurangi porsi kita biasanya, kemudian ditambah dengan makanan sehat.

Contoh, kamu biasa ngemil keripik 2 bungkus sebelum tidur, maka kurangi jadi setengah bungkus dan ditambah dengan pisang, atau apel, atau buah-buahan lainnya.

Lakukan perlahan dengan cara mengurangi porsinya sampai kamu bisa menghentikan kebiasaan ngemil kamu.

olahraga

3. Olahraga minimal 60 menit sehari.
Olahraga adalah salah satu cara untuk mendapat hasil diet yang optimal. Tapi banyak orang yang malas atau tidak memiliki waktu untuk berolahraga. Percaya atau tidak, kamu bisa tetap berolahraga sesibuk apa pun, dengan cara memperbanyak jalan dan kamu bisa melakukan gerakan-gerakan ringan untuk membantu pembakaran kalori.

Salah satu cara yang penulis sarankan adalah dengan stretching. Stretching tidak akan mempersulit kamu dan bisa dilakukan di mana saja. Ada tiga keuntungan stretching jika dilakukan dengan benar. Pertama, membakar kalori. Kedua, dapat memperlancar peredaran darah sehingga tubuh lebih sehat. Ketiga, dapat mengencangkan otot tubuh.

pernafasan


4. Mengatur pernafasan.
Mengatur pernafasan terdengar seperti sebuah hal yang sederhana, namun hal yang sederhana bisa membuahkan hasil yang luar biasa. Banyak orang yang sadar akan guna pernafasan tapi tidak mengoptimalkannya. 

Dengan pernafasan yang teratur dan dikendalikan dengan lebih 'sadar', maka dapat meningkatkan oksigen yang kita hirup. Oksigen dapat membantu otak untuk bekerja lebih optimal. Mulai lah bangun pagi dengan mengatur pernafasan dan bernafaslah dengan sadar.

Arahkan kepala ke langit-langit (lihat ke arah langit-langit atau langit biru), kemudian tarik nafas dan buang nafas perlahan, rasakan udara mengalir masuk ke dalam tubuh, terutama otak. Lakukan pagi dan malam untuk hasil yang optimal.

air-putih
5. Minum air putih.
Air putih jauh lebih baik dari minuman vitamin sekali pun. Air putih akan membantu metabolisme tubuh dan membuat kamu lebih sehat. Air putih juga dapat membantu kamu membuang kotoran-kotoran dalam tubuh dan menjaga keseimbangan tubuh.

buah-buahan

6. Pahami makanan yang baik untuk dikomsumsi.
Alpukat adalah salah satu buah yang mengandung lemak dan dapat membantu mengenyangkan. Namun, lemak yang terkandung dalam alpukat adalah lemak baik. Kamu harus ingat, sekali pun kamu sedang diet, lemak tetap dibutuhkan oleh tubuh.

Selain alpukat, kamu juga butuh jeruk dan buah yang mengandung vitamin C. Vitamin C dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga tubuh tetap berada dalam kondisi prima.

Kamu juga boleh makan pisang, karena kandungan gula dan vitamin pada pisang diperlukan oleh otak dan dapat menjaga otak tetap prima untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Bukan hanya itu, pisang juga dapat menjadi alternatif yang baik untuk kamu yang suka makan makanan manis.


Kabar baik lainnya, kamu juga boleh makan coklat, tapi coklatnya, coklat hitam atau dark chocho. Coklat hitam memiliki kandungan antioksidan dan dapat membantu mengurangi kadar emosi kamu saat sedang diet.

Kurangi porsi dan hindari karbohidrat seperti nasi dan kentang.

7. Jaga pikiran.
Pikiran kamu berperan besar dalam proses diet yang kamu jalani, jadi saat sedang diet, hindari tempat-tempat atau teman yang kira-kira bisa menghancurkan proses yang sedang kamu jalani. Perbanyak makan makanan alternatif dan ganti cemilan kamu dengan cemilan sehat. 

menghindar

Hindari hal-hal yang dapat membuat kamu depresi, terutama jika kamu adalah orang yang akan makan lebih banyak ketika depresi.

Cari lah game-game yang bisa mengasah otak untuk menghindarkan kamu dari pikiran yang kosong dan menerawang terutama saat sedang tidak ada kerjaan. Kamu bisa membeli beberapa buku TTS dan mengisinya diwaktu luang.


8. Tidur yang cukup dan teratur
Tidur yang cukup (minimal 7 - 8 jam sehari) dan teratur juga membantu metabolisme tubuh, menjaga kesehatan, dan memaksimalkan hasil dari usaha diet kita yang telah kita lakukan seharian.


9. Makan dengan porsi sedikit
Makan lah lebih sering dengan porsi yang lebih sedikit dan mengunyah lah lebih banyak, sehingga pencernaan dapat mencernanya dengan lebih mudah dan membantu mengurangi kerja ekstra pada alat-alat pencernaan.

Semua tips di atas harus kamu jalani dengan niat, konsistensi, dan kesabaran. Ingat, tidak ada yang instan. Kamu mau pintar, kamu harus belajar, kamu menukarkan waktu kamu untuk belajar agar menjadi pintar, sama halnya dengan diet.

Selamat mencoba...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar