Selasa, 15 April 2014

Windows 7 | Kombinasi Tombol dan Shortcut

mouse

Dalam menggunakan komputer, kita seringkali bergantung pada mouse, padahal, menggunakan shortcut dengan mengkombinasikan tombol-tombol yang ada pada keyboard, dapat membantu kita mempersingkat waktu dalam mengerjakan tugas atau menggunakan komputer lebih efektif dan efisien.
windows-7
Berikut, saya bagikan tips dan trik untuk shortcut windows 7:

- Menampilkan start menu dengan cepat (tombol Windows)

tombol-windows

Di keyboard, ada sebuah tombol windows, seperti pada gambar di atas, yang berguna untuk menampilkan start menu, tanpa harus kamu klik dengan menggunakan mouse.

- Minimize (Windows+↓) dan Maximize (Windows+↑) jendela kerja dengan cepat



Untuk meminimalkan atau memaksimalkan tampilan jendela kerja, biasanya kita melakukan klik pada tanda kotak yang ada pada sebuah jendela kerja.

Namun dengan menggunakan tombol shortcut Windows+↓, kita dapat meminimalkan tampilan sebuah jendela kerja dan tombol shortcut Windows+↑ untuk memaksimalkan tampilan sebuah jendela kerja dengan cepat.

- Menutup jendela kerja dengan cepat (Alt+F4)


tombol-silang

Normalnya, kita akan melakukan klik pada tanda silang yang ada di sebuah jendela kerja.

Namun dengan menggunakan tombol shortcut Alt+F4 pada jendela kerja yang bersangkutan, kita dapat langsung menutup jendela kerja dengan cepat.

dialog-box

Tenang saja, jika kamu menutup jendela kerja yang belum kamu simpan, maka akan muncul kotak dialog yang menanyakan, apakah kamu ingin menyimpan apa yang sudah kamu kerjakan atau tidak.

- Menampilkan semua jendela kerja (Alt+Tab)
Saat sedang mengerjakan tugas, kadang kita membuka banyak jendela kerja, mulai dari internet sampai Microsoft Office, namun saat sedang terburu-buru, kadang kita bingung saat ingin pindah antar jendela kerja.

tampilan

Dengan menggunakan tombol shortcut Alt+Tab, kita dapat memilih dan menilik sekilas mana jendela kerja yang ingin kita kunjungi. Tinggal menekan Tab, sampai kita menuju ke jendela kerja yang kita inginkan.

- Melakukan pencarian file atau dokumen dalam komputer (Windows+F)


cari-cepat

Tombol shortcut yang satu ini jarang digunakan, namun akan berguna ketika kita sedang kebingungan mencari sebuah file atau dokumen yang ada dalam komputer.

- Mengatur pembagian tampilan persentasi dengan proyektor (Windows+P)


presentasi

Saat sedang persentasi, kita biasanya menyambungkan komputer atau laptop ke proyektor.

panel-proyektor

Untuk mengatur pembagian tampilan, kita bisa menggunakan tombol shortcut windows+P dan akan muncul tampilan seperti gambar di atas.

Ada pun fungsinya, sebagai berikut:

  • Disconnect Projector: untuk memutuskan sambungan dengan layar proyektor.
  • Duplicate
  • duplicate-display
    Pilihan duplicate, memungkinkan semua orang di ruangan persentasi melihat apa yang kita lihat. Tampilan komputer dan layar proyektor sama. Contohnya, seperti gambar di atas, sebelah kiri adalah tampilan yang terlihat di komputer kita dan tampilan sebelah kanan adalah yang terlihat di layar proyektor.
  • Extend
  • Dengan menggunakan pilihan extend, maka semua orang di ruang persentasi tidak dapat melihat file atau desktop kita, selain file atau dokumen yang ingin kita tampilkan di layar proyektor. Contohnya, seperti gambar di atas, sebelah kiri adalah tampilan yang terlihat di komputer kita dan tampilan sebelah kanan adalah yang terlihat di layar proyektor.
  • Projector only: untuk menampilkan tampilan persentasi di layar proyektor saja.
Dengan mengetahui dan menggunakan tombol shortcut, maka kita dapat bekerja dengan lebih nyaman dan cepat. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar